Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wamenkeu Berharap Belanja Negara Tahun Depan Disusun Sebaik-Baiknya

Jakarta, 21/04/2016 Kemenkeu - Pemerintah tengah menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2017. Pembahasannya dilakukan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta yang dimulai Rabu (20/04). Dalam paparannya, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menyampaikan beberapa harapan agar rencana kerja setiap Kementerian/Lembaga (K/L), terutama terkait belanja negara, dapat disusun dengan sebaik-baiknya.

“Pertama, mensinergikan APBN dan APBD. Mendukung pembangunan di bidang infrastruktur seperti arahan Pak Presiden serta pendidikan dan kesehatan, terutama di daerah perbatasan,” paparnya saat acara. Kedua, melakukan efisiensi belanja operasional dan penajaman belanja non operasioanl serta modal non infrastruktur di K/L. “Karena setelah kami bertemu dengan K/L di Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi APBN dan APBD (TEPRA), masih banyak terutama belanja modal dan barang yang mestinya bisa lebih dihemat lagi,” ungkapnya.

Selanjutnya, ia berharap agar setiap pengalokasian subsidi lebih tepat sasaran. “Kita saat ini udah reformasi subsisi BBM. Yang belum hanya subsidi pupuk yang akan juga kita reformasi serta ada subsidi listrik,” tambahnya. Terakhir, terkait transfer daerah dan dana desa. “Ini kami harapkan peran bapak Gubernur dan Bupati, juga pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk dorong ekonomi daerah. DAK ini mungkinkah ada semacam DAK terpadu. Misalnya di masing-masing kabupaten/kota itu sinkron dan mendukung, tidak masing-masing bikin sendiri kemudian saat dilaksanakan malah tidak mendukung,” jelas Mardiasmo. (as)