Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wamenkeu Berharap Kemenhub Maksimalkan Pembangunan Infrastruktur

Jakarta, 16/02/2017, Kemenkeu – Tahun ini, belanja infrastruktur meningkat secara signifikan dari Rp170,9 triliun menjadi Rp350,3 triliun. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai unit strategis dalam pembangunan, dapat memanfaatkan momen untuk membantu mengentaskan kemiskinan dan ketimpangan, serta meningkatkan produktifitas dan daya saing rakyat.


“Kita ingin melalui Kementerian Perhubungan, dapat membangun negara kita yang adil dan makmur,” kata Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo saat Rapat Koordinasi Nasional Penyusunan Pagu Kebutuhan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kemenhub Tahun Anggaran 2018. Acara ini berlangsung di Gedung Karya Kemenhub, Jakarta pada Kamis (16/02). Penguatan infrastruktur diharapkan dapat memberikan mobilisasi yang merata di seluruh Indonesia demi mewujudkan kesejahteraan.


Dalam rakornas kali ini diharapkan Kemenhub dapat membahas strategi belanja yang baik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produktifitas maupun efisiensi alokasi, demi terwujudnya perencanaan dan penyerapan anggaran yang lebih baik.


Selain itu, permasalahan dalam pembangunan biasanya dari sisi pembiayaan. Oleh karena itu, Wamenkeu berharap agar Kemenhub juga dapat menggandeng pihak swasta, Badan Umum Milik Negara (BUMN) maupun Badan Layanan Umum (BLU) untuk menutup celah keuangan tersebut.


Wamenkeu juga mengapresiasi Kemenhub karena melakukan kegiatan perencanaan tahun anggaran 2018 sedini mungkin, di samping menyiapkan pelaporan dan pertanggungjawaban tahun anggaran 2016 dan tetap melaksanakan anggaran tahun 2017. (yg/rsa)