Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo mendorong Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) mewujudkan cita-citanya menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan terkemuka berkelas dunia. Hal ini ia sampaikan saat menjadi pembicara pada acara Musyawarah Kerja Nasional Widyaiswara Kementerian Keuangan Tahun 2018 pada Selasa (13/11) di Jakarta.

Wamenkeu Dorong BPPK menjadi Learning Center Berkelas Dunia

Jakarta, 13/11/18 Kemenkeu - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo mendorong Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) mewujudkan cita-citanya menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan terkemuka berkelas dunia. Hal ini ia sampaikan saat menjadi pembicara pada acara Musyawarah Kerja Nasional Widyaiswara Kementerian Keuangan Tahun 2018 pada Selasa (13/11) di Jakarta.

Wamenkeu mengatakan, bahwa untuk dapat mewujudkan harapan tersebut BPPK dengan para pengajarnya (widyaiswara) diharapkan dapat mempercepat peningkatan profesionalisme seiring dengan perkembangan jaman.

"Sekarang tuntutan peserta ajar berbeda, mereka menghendaki serba IT based sehingga kalau widyaiswara masih menggunakan pendekatan konvensional akan ditinggal" ujar Wamenkeu.

Dihadapan para widyaiswara Kementerian Keuangan yang bertugas di Balai Diklat Keuangan se-Indonesia, Wamenkeu mengingatkan bahwa tantangan yang dihadapi pusat pembelajaran adalah tidak terpenuhinya kebutuhan stakeholder dengan layanan yang diberikan.

Untuk itu ia berpendapat, bahwa pembelajaran yang maju tidak hanya mengerti materi namun juga memahami kerangka teoritis sehingga dapat memberikan bekal yang memadai menghadapi permasalahan terkini yang terus berubah.

Lebih lanjut, Wamenkeu mengatakan, bahwa dengan proses bisnis yang semakin maju seharusnya Kemenkeu bisa menjadi penghasil lesson learned yang berlimpah. 

"Lesson learned tersebut diharapkan dapat menjadi pedoman kerja sekaligus mendorong inovasi-inovasi baru untuk peningkatan kinerja Kementerian Keuangan" terangnya.

Wamenkeu menilai, BPPK sebagai learning center berperan vital dalan membentuk diseminasi seluruh big data baik informasi, teknologi, dan knowledge yang tersebar diseluruh unit. Sehingga untuk menjadi lembaga pendidikan yang terkemuka dan berkelas dunia, BPPK tidak hanya baik dalam layanannya saja tapi juga harus bisa menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

"World class institution dimulai dari world class human capital, hal itu tidak akan terjadi kalau SDM nya tidak menjadi human capital" pungkasnya. (lwp/rsa)