Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) di Auditorium Djarum Lt.6 Pertamina Tower UGM Yogyakarta (22/09).

Wamenkeu: Gunakanlah Kecerdasan Demi Kemajuan Negara

Yogyakarta, 25/09/2017 Kemenkeu, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo menekankan pentingnya peranan generasi muda dalam pembangunan bangsa. Hal ini disampaikannya ketika memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa Kelas Kerjasama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan Universitas Gajah Mada (UGM) di Auditorium Djarum Lt.6 Pertamina Tower UGM Yogyakarta, pada Jum'at (22/09). "Jadi, kalau adik-adik mahasiswa, yang muda, penerus estafet bangsa, gunakanlah kecerdasan demi kemajuan negara kita," pintanya.

Menurut Wamenkeu, Sumber Daya Manusia (SDM) sangat berperan penting meningkatkan kapasitas fiskal negara dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan.

"Arah dan strategi kebijakan fiskal dan APBN juga menuju ke welfare. Jadi, kalau Saudara belajar apapun, fiscal policy, sektor publik, ujungnya pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan, pertumbuhan ekonomi yang berafirmasi terhadap keadilan rakyat. Kalau APBN sehat,  Indonesia kuat," tegasnya.

Strategi Kemenkeu dalam rangka penguatan SDM adalah memberikan kesempatan kepada para pegawainya untuk menuntut ilmu. "Maka, kita sekolahkan, baik yang degree maupun yang non-degree, baik dalam negeri maupun luar negeri termasuk vokasi. Termasuk Saudara-Saudara yang kuliah master," terangnya.

Wamenkeu menambahkan, untuk mengatasi permasalahan bangsa  seperti kesenjangan dan kemiskinan, maka peningkatan kualitas SDM dan indeks pembangunan manusia  menjadi sangat penting. "Karena ini suatu basic. Negara manapun sangat  tergantung pada SDM-nya. UGM akan dilihat karena hasil risetnya dilihat dari hasil para pelakunya, researchernya bukan pada gedungnya. Kemenkeu juga bukan (dilihat) dari gedungnya yang twin tower, tetapi orang-orangnya, SDM nya yang berkomitmen dan punya integrity," pungkasnya. (ip/nr)