Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wamenkeu I Hadiri Sharing Knowledge dengan Korea Selatan

 

Jakarta, 09/01/2012 MoF (Fiscal) News – Wakil Menteri Keuangan I Anny Ratnawati menghadiri acara Knowledge Sharing Program 2011 dengan Ministry Of Strategic and Finance Korea Selatan. Acara yang bertajuk Strengthening Indonesia's Strategic Development In Key Areas: Treasury Modernization, Credit Infrastructure, Water Resources Management berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta pada Senin (9/1).

Wamenkeu menggambarkan perkembangan ekonomi Indonesia di tengah gejolak global yang tengah terjadi. "Saat ini, indikator makro ekonomi untuk pertumbuhan ekonomi pada 2011 lalu mencapai 6,5%. Dengan inflasi yang stabil di tengah krisis global," ujar Wamenkeu. Selain itu, lanjutnya, Indonesia juga berhasil memperoleh pengakuan dunia dengan mendapat peringkat investment grade oleh Rating Agency Fitch pada Desember 2011 lalu.

Namun demikian, Wamenkeu mengatakan, Indonesia tetap harus mewaspadai dampak krisis global terhadap perekonomian Indonesia di masa mendatang. "Karena itu, kebijakan ekonomi yang prudent itu penting, dan  kerjasama multilateral juga harus dikuatkan," imbuhnya.

Untuk menopang pertumbuhan ekonomi, Indonesia juga memasukkan program pertumbuhan infrastruktur ke dalam rencana jangka pendek, menengah dan panjang. "Kami memiliki MP3EI untuk infrastruktur jangka panjang," tukas Wamenkeu. MP3EI bertujuan untuk mendukung transformasi Indonesia menjadi negara maju pada 2025 mendatang.

Menurut Wamenkeu, MP3EI hanya dapat terwujud dengan kerjasama pemerintah dan swasta. "Implementasi MP3EI diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia," pungkasnya. Wamenkeu berharap, sharing knowledge yang dilakukan pada hari ini dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak untuk mengembangkan perekonomiannya masing-masing. (sgd)