Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wamenkeu I Sampaikan Perkembangan Proses Bisnis KUR

Jakarta, 04/03/2014 MoF (Fiscal) News - Wakil Menteri Keuangan I (Wamenkeu I) Anny Ratnawati menyampaikan perkembangan proses bisnis Kredit Usaha Rakyat (KUR) saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat pada Senin (3/3). Raker diagendakan untuk membahas pengambilan keputusan kredit pasca bencana di sejumlah wilayah di Indonesia.
 
"Terkait dengan proses bisnis Kredit Usaha Rakyat, yaitu setelah KUR ada dalam APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), kemudian bank penyalur akan melakukan perikatan kepada debitur, dan bank tersebut akan melakukan pengajuan penjaminan kepada perusahaan penjamin KUR, kaitanya dengan kredit perbankan yang disalurkan kepada debitur," jelasnya.

Selanjutnya, Wamenkeu I menjelaskan, akan diterbitkan sertifikat penjaminan yang diberikan kepada bank dan kemudian akan dibicarakan antara perusahaan penjaminan KUR dengan Pemerintah terkait dengan pengajuan premi imbal jasa penjaminan (IJP). "Jadi karena proses bisnisnya sudah disusun sedemikian rupa, ada bank dengan debitur, dan bank dengan perusahaan penjaminan KUR, dan apabila nanti diperlukan pembayaran IJP, perusahaan KUR akan berkomunikasi  dengan pemerintah, dan dilakukan review oleh komite kebijakan KUR dengan pemerintah yang diketuai oleh Kemenko Perekonomian," jelasnya.(ak)