Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wamenkeu I: SILPA APBD Untuk Program Prioritas Daerah

Jakarta, 25/02/2014 MoF (Fiscal) News - Kementerian Keuangan mengimbau agar Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) digunakan untuk program prioritas dan infrastruktur, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan.

"Silakan daerah menggunakan untuk program-program prioritas mereka," ungkap Wakil Menteri Keuangan I Anny Ratnawati di Jakarta, Senin (24/2). Pihaknya mengakui, penurunan realisasi SILPA dari tahun ke tahun pada APBD menandakan penyerapan anggaran berjalan lebih optimal. Namun demikian, penurunan SILPA ini harus dianalisis secara lebih mendalam. "Penurunan ini apakah karena optimalisasi atau program yang tidak jalan," terangnya.

Menurutnya, apabila penurunan berasal dari program yang tidak berjalan baik, harus dialokasikan kembali untuk program tersebut. Namun, untuk SILPA yang berasal dari optimalisasi, perlu dianggarkan untuk program-program yang dapat meningkatkan pertumbuhan daerah dan sektor riil, sehingga kesempatan kerja dapat meningkat. “Tapi tetap harus meminta izin DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah). Saya lebih senang jika untuk program infratruktur desa, karena untuk kesejahteraan daerah,” tuturnya.(ans)