Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wamenkeu II Harapkan Kerja Sama Kemenkeu dan OJK Dukung Target Penerimaan Pajak

Jakarta, 11/03/2014, MoF (Fiscal) News – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II Bambang P.S. Brodjonegoro menyampaikan bahwa jumlah penerimaan pajak yang ideal dari suatu negara dapat dilihat dari jumlah rekening yang dimiliki warganya. Untuk itu, ia berharap agar Kementerian Keuangan, dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dapat diberikan akses langsung ke industri perbankan.


"Karena kalau mengejar pajak seseorang, mau tahu berapa, tidak akan cukup hanya dari slip gaji, karena seseorang bisa mendapatkan uang dari sumber lain. Satu-satunya cara ya cek account dia di bank," kata Wamenkeu II pada Senin (10/3). Untuk itu, Wamenkeu II mengimbau agar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan DJP terus berkoordinasi dalam mendukung target penerimaan pajak oleh pemerintah.


Hingga saat ini, koordinasi antara OJK dan DJP masih menjadi pembahasan secara internal di Kementerian Keuangan. Hal tersebut nantinya akan diajukan ke DPR untuk kemudian dimasukkan dalam undang-undang. "Ini belum sampai di parlemen, nantinya kalau dibahas kami minta kepada parlemen untuk bantu Ditjen Pajak, bukan dari sisi SDM (sumber daya manusia) saja, tapi akses informasinya tadi dengan bank, itu yang penting," pungkasnya.(nic)