Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wamenkeu II: Indonesia Telah Miliki Kerja Sama yang Kuat dengan Negara Kawasan

Jakarta, 10/05/2013 MoF (Fiscal) News - Wakil Menteri Keuangan II Mahendra siregar menyebutkan bahwa Indonesia telah memiliki kerja sama yang kuat dengan negara-negara di kawasan, misalnya dengan ASEAN. Sehingga, tidaklah menjadi suatu keharusan bagi Indonesia masuk ke dalam bagian dari negara-negara BRIC.

“Jadi ini kerja sama regional yang lebih kuat. Di mana di ASEAN sudah  menjadi pusat dengan integrasi ekonomi regional,” jelasnya  dalam diskusi yang diselenggarakan oleh Swiss Re di Jakarta, Rabu (8/5).

Ia menambahkan, setelah ASEAN, kerja sama itu ditambah dengan adanya ASEAN+3 bersama Cina, Jepang dan Korea. Kemudian plus 6, dengan India, New Zealand dan Australia. “Dan sekarang ada juga the East Asia,” katanya. Dengan ini, ASEAN sendiri telah menjadi organisasi yang lebih kuat untuk regional, di mana dalam ASEAN, Indonesia merupakan negara terbesar.

Pernyataan Mahendra juga didukung oleh Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi. Di mana ia menyebutkan bahwa Indonesia sekarang menjadi negara dengan GDP yang terus meningkat dan angka pertumbuhan lebih dari 6 persen. “Perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia sekarang lebih besar dari dulu. Di mana perusahaan Indonesia banyak yang melebarkan saya ke luar,” katanya.

Tapi menurut Sofjan, pemerintah juga harus memperhatikan hal-hal yang dibutuhkan oleh para pebisnis, agar kerja sama antara pemerintah dan dunia bisnis dapat terus berlangsung. “Misalnya seperti infrastruktur atau kepastian hukum yang dibutuhkan para pengusaha,” katanya. Hal ini juga yang sedang diupayakan agar kerja sama pemerintah dan dunia bisnis terus berjalan baik. (fin)