Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wamenkeu II Paparkan Cara Menahan Capital Outflow

 
Jakarta, 11/10/2013 MoF (Fiscal) News – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II Bambang P.S. Brodjonegoro mengungkapkan dua hal yang dapat digunakan untuk menahan modal asing keluar dari dalam negeri guna mengantisipasi pengurangan stimulus di Amerika Serikat (AS).


“Pertama, kita harus bisa memberikan insentif bagi mereka yang tetap melakukan ekspansi atau investasi di Indonesia. Yang kedua, dari segi keuangan, kita harus menyiapkan instrumen investasi yang lebih banyak,” jelasnya pada acara Economic Outlook 2014 yang berlangsung di Jakarta pada Kamis (10/10). Ia menambahkan, instrumen investasi perlu diperbanyak untuk menahan modal asing tetap berada di Indonesia. “Macam-macam, ya (caranya). BI (Bank Indonesia) bisa menerbitkan (obligasi), pemerintah (juga) bisa menerbitkan obligasi,” ucapnya.

Terkait paket kebijakan yang dirilis pemerintah pada Bulan Agustus lalu, Wamenkeu II menilai paket tersebut efektif dalam meredam arus modal keluar. “Dari segi kebijakan, kami tetap fokus bagaimana mengurangi current account deficit, sekaligus bagaimana menjaga pertumbuhan tidak melambat terlalu dalam. Nah, kalau dari segi stabilisasi tentunya memberi kekuatan kepada surat utang negara kita dan cadangan devisa yang terkait dengan bilateral swap BI,” pungkasnya.(nic)