Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wamenkeu: Integritas dan Pelayanan Menjadi Hal Yang Utama

Bandung, 21/03/2016 Kemenkeu – Dalam Road Show Transformasi kelembagaan yang diselenggarakan di Gedung Keuangan Negara Bandung, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo memberikan arahan kepada seluruh peserta. Ada dua hal yang menjadi pesan kunci oleh Wamenkeu, yaitu penguatan integritas dan peningkatan pelayanan kepada stakeholders.

“Dua hal yang saya inginkan, penguatan integritas kita semua berlaku bagi seluruh pegawai Kemenkeu. Yang kedua adalah peningkatan layanan kepada stakeholders dari hal sederhana sampai dengan peningkatan melalui inovasi,” jelas Mardiasmo.

Sebagai informasi, dalam acara ini pula dilakukan penyelesaian inisiatif strategis Transformasi Kelembagaan Kemenkeu. Beberapa inisiatif tersebut di antaranya adalah memperluas fungsional website pada tema perpajakan, memulai lab stakeholder external untuk mengurangi waktu impor dan meningkatkan citra dengan mengoptimalkan kegiatan kehumasan pada tema kepabeanan dan cukai, serta mempererat koordinasi pengelolaan likuiditas dengan bank indonesia dan tata kelola risiko untuk keseluruhan sovereign risk pada tema perbendaharaan.

Penyelesaian berbagai inisiatif ini menunjukkan bahwa implementasi program transformasi kelembagaan berjalan sesuai rencana dan menghasilkan dampak sesuai tujuan yang ditetapkan. Diharapkan capaian ini mampu memberikan semangat bagi seluruh elemen Kementerian Keuangan untuk menyelesaikan target-target inisiatif selanjutnya dan berkontribusi bagi Indonesia yang lebih baik.

Sebagai informasi program Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan yang dilaksanakan sejak tahun 2014 ini dimaksudkan untuk, (1) Mewujudkan budaya berorientasi outcome; (2) Merampingkan proses bisnis dan digitalisasi dalam skala besar; (3) Mewujudkan organisasi yang fit-for-purpose; (4) Menghargai dan mempertahankan talent dan (5) Proaktif menciptakan terobosan nasional. (rsa)