Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wamenkeu: Pemerintah Alokasikan Rp4,9 TriliunUntuk Pembebasan Lahan


Jakarta, 13/04/2011 MoF (Fiscal) News - Pemerintah akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp4,9 triliun untuk pembebasan lahan periode 2008-2013 yang akan diberikan kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati saat memberikan sambutannya dalam acara Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition 2011 di Senayan, Jakarta pada Selasa (12/04).

Anggaran tersebut akan mendukung akselerasi pembangunan infrastruktur 2011-2014 yang tengah direncanakan oleh pemerintah. "Anggaran pembebasan lahan ini dialokasikan untuk membantu investor mengakuisisi lahan yang harganya tidak pasti," jelas Wamenkeu. Selain itu, pemerintah lewat Kementerian Keungan juga akan menyediakan dana infrastruktur di bawah perusahaan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan anak perusahaannya, PT Indonesia Infrastruktur Finance (IIF). "Perusahaan-perusahaan ini akan membantu investor untuk mengakses pembiayaan dalam negeri," tambahnya.

Lebih lanjut Anny mengatakan, Kementerian Keuangan akan memberikan jaminan pada proyek-proyek kerja sama pemerintah dan swasta (KPS) atau Public Private Partnership (PPP) melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII). "Tahun ini modal PII diharapkan dapat mencapai Rp3,5 triliun sehingga proyek yang dijamin bisa lebih banyak," pungkasnya.(sgd)