Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wamenkeu: Peningkatan Transfer ke Daerah Untuk Dorong Pertumbuhan, Bukan Ternak Uang

Jakarta, 17/11/2015 Kemenkeu - Pemerintah berharap, peningkatan alokasi anggaran transfer ke daerah dari tahun ke tahun dapat  diiringi dengan meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun demikian, peningkatan PAD tersebut diharapkan merupakan hasil dari investasi pemerintah daerah untuk menggerakkan roda perekonomian di daerahnya masing-masing.

Menurut Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, banyak pemerintah daerah yang belum memanfaatkan transfer ke daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerahnya. Saat ini, masih banyak pemerintah daerah yang memilih untuk menyimpan anggaran transfer ke daerah di bank.

“Fenomena sekarang ini banyak daerah yang PAD-nya naik tapi dengan cara ternak uang; disimpan di bank, dapat bunga. Kalau seperti itu duitnya nambah, tapi pertumbuhan di daerahnya nggak tumbuh, bukan itu tujuannya transfer ke daerah,” ungkap Wamenkeu dalam sambutannya pada Seminar Nasional ‘Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Melalui Laporan Keuangan Entitas Bisnis di Daerah’ di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (17/11).(nv)