Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wamenkeu Resmikan Portal Data APBN

Jakarta, 14/09/2016 Kemenkeu - Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo memberikan sambutan dalam workshop Global Initiative for Fiscal Transparency (GIFT), sekaligus meresmikan portal data APBN. Saat ini, Indonesia memberikan dukungan penuh bagi agenda transparansi fiskal internasional. Menurutnya, penyelenggaraan acara ini juga menjadi salah satu bentuk dukungan tersebut.


“Sejak 2015, Presiden Jokowi telah melakukan reformasi besar pada subsidi bahan bakar dan merelokasi anggarannya kepada belanja yang lebih produktif. Sejak saat itu, upaya transparansi anggaran terus digalakkan,” jelasnya saat acara yang berlangsung di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta pada Rabu (14/09).


Menurutnya, teknologi juga telah mendorong perubahan tersebut agar negara dapat melayani masyarakat dengan lebih baik. “Di Kemenkeu, kami mengganggap ini sebagai kesempatan yang baik untuk berprogres menuju transparansi fiskal yang lebih maju. Kemenkeu telah membuka data dan informasi secara daring sehingga masyarakat dapat mengawasi bagaimana uang pajaknya digunakan,” tambah Mardiasmo.


Oleh karena itu, dengan adanya portal data APBN ini, setiap data dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat diharapkan dapat terpenuhi. “Tujuannya untuk meningkatkan informasi fiskal, demokrasi dan pengetahuan masyarakat terhadap aktifitas pemerintah,” ungkap Mardiasmo. (as)