Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Wamenkeu Mardiasmo saat menutup acara Lokakarya Sinergi-Leadership Supercamp for Executive Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia di kawasan Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (20/10).

Wamenkeu: Sinergi, Karena Kita Satu Kemenkeu

Bogor, 23/10/2017/ Kemenkeu - Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menegaskan agar para pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan dapat bersinergi dalam menjalankan tugas. "Dengan simulasi tadi, kita bisa melihat peran masing-masing, peran itu penting, supaya ada toleransi, ada sense of belonging, empati, sehingga kita dapat melihat aspek lain", tegas Wamenkeu saat menutup acara Lokakarya Sinergi-Leadership Supercamp for Executive Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia di kawasan Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat pada hari Jumat (20/10).

Wamenkeu mengapresiasi simulasi kegiatan di bandara yang diperankan oleh para pejabat peserta lokakarya tersebut. Dengan bermain peran, para pejabat dapat mengenal tugas, mengetahui risiko serta beban berat yang terdapat pada eselon I lain. "(tugas berat) apabila dikerjakan berbarengan, dengan speed yang sama, decision yang sama, maka akan terasa ringan, good leadership juga good followership", sambungnya. 

Lebih lanjut Wamenkeu berpesan agar 'jarak' antar unit eselon I dapat dihilangkan supaya dapat memajukan Kementerian Keuangan. "Silo-silo eselon I harus dihilangkan, tidak ada lagi sekat, betul-betul melebur, karena kita satu kemenkeu, satu korps", imbuhnya. 

Wamenkeu juga berharap agar kita tetap terus menyalakan api semangat dalam dada untuk menuju penyempurnaan yang berkelanjutan. "Apabila ada yang meredup, harus ada jumpernya, supaya semangat, karena Kemenkeu sangat strategis diandalkan Presiden sebagai barometer fiskal yang memberi instrumen dan warna", tuturnya. 

Sebagai informasi, Untuk kali pertama di tahun 2017, Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) menyelenggarakan kegiatan di kawasan Megamendung, Bogor, Jawa Barat, atau lebih tepatnya bertempat di area Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan. Lokakarya Sinergi – Leadership Supercamp for Executive Kementerian Keuangan Tahun 2017 diikuti oleh 40 orang pejabat tinggi dari berbagai unit di lingkungan Kementerian Keuangan selama kurun waktu dua hari, 19—20 Oktober 2017.

Lokakarya ini bertujuan untuk mengurangi sekat-sekat antar unit, serta dalam rangka meningkatkan sinergi, kemampuan pemecahan masalah, dan memberikan persepektif lain yang berkaitan dengan gaya kepemimpinan. Program Sinergi ini, menggabungkan inspirasi, leadership dan case study yang menyangkut APBN khususnya penerimaan, pembiayaan dan investasi. Sinergi menjamin penguatan kompetensi leadership, penguatan budaya dan menciptakan pemimpin yang unggul di lingkungan Kementerian Keuangan. (ags/rsa)