Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wamenkeu Tekankan Pentingnya Pendalaman dan Perluasan Pasar Keuangan

Jakarta, 16/12/2016 Kemenkeu - Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menjadi salah satu narasumber dalam acara Seminar Partisipan Kustodian Sentral Efek Indoensia (KSEI) Diskusi Ekonomi, Politik dan Keamanan Dalam Negeri dalam Rangka Perencanaan Strategi Bisnis 2017 pada Kamis (15/12) di Jakarta.

Dalam diskusi tersebut, Wamenkeu mengungkapkan, pendalaman pasar keuangan menjadi fondasi dasar pembangunan nasional yang harus segera benahi. "Pasar keuangan itu tidak hanya deepening, lebih dalam lagi, tapi harus lebih widening, lebih luas lagi,” ujarnya.

Terlebih, akan ada dana repatriasi yang masuk ke Indonesia, yang mencapai sekitar Rp73 triliun. "Ini kesempatan emas kalau pasar modal bisa memberikan ruang kepastian destinasi para tax payer yang sudah repatriasi,” tambahnya.

Oleh karena itu, Wamenkeu berpesan kepada para manajer investasi untuk mengarahkan para calon investor untuk membuat pasar lebih dalam dan luas. "Saya mem-provoke bagaimana Bapak Ibu menjadi pahlawan, dalam arti mengurangi Gini ratio, mengurangi ketimpangan agar lebih baik, memperbaiki kemiskinan, sehingga kesejahteraan masyarakat tercapai,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengundang investor swasta untuk turut berpartisipasi membangun negeri, mengingat terbatasnya kemampuan anggaran pemerintah. “APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) hanya 20 persen dari PDB (Produk Domestik Bruto), yang berarti kita mengundang para swasta, para investor masuk. (Bersama-sama) kita membangun infrastruktur, membangun ketertinggalan, memperbaiki kemiskinan, keterpurukan,” ujarnya.(ath)