Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wapres Berharap pada Kemajuan Industri Otomotif Indonesia

Jakarta, 19/09/2013 MoF (Fiscal) News - Wakil Presiden Boediono berharap bahwa industri otomotif Indonesia akan selalu maju dan menjadi tulang punggung industri dan industrialisasi bangsa. Ini disampaikannya di Jakarta International Expo, Kemayoran, Kamis (19/9). Menurut Wapres, seperti negara-negara lain di dunia, Indonesia tidak bisa menghindar dari tahap industrialisasi.

“Indonesia sebagai negara yang kaya dengan sumber alam dan pertanian tak bisa tinggal diam tanpa mengembangkan industri. Dengan jumlah penduduk yang begitu banyak, maka pertumbuhan suatu bangsa membutuhkan pula tempat di mana para pemuda bisa mengembangkan bakatnya, di luar kedua bidang yang tadi,” katanya seperti dikutip dari laman wapres.go.id.

Namun, jika melihat polemik yang muncul dari Low Cost Green Car (LGCG), Wapres menegaskan bahwa pemerintah pusat juga tidak akan lepas tangan untuk mengatasi masalah-masalah di ibukota, seperti kemacetan.  Menurutnya, solusi yang dikedepankan adalah meningkatkan transportasi publik secepatnya, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Selain itu, penerapan Electronic Road Price (ERP) juga akan segera diterapkan untuk memberlakukan biaya ekstra bagi penggunaan jalan-jalan utama ibukota di waktu sibuk.

Menurut Wapres, industri otomotif itu sendiri masih sangat diperlukan di daerah-daerah, misalnya Belitung. Ia sendiri juga tidak menginginkan bila mobil dan motor lebih menumpuk di Jakarta, Medan, Surabaya atau kota-kota besar lainnya. “Jadi marilah cari cara untuk mengatasi masalah ini tanpa mengorbankan tulang punggung industrialisasi, tanpa mengorbankan lapangan kerja bagi pemuda-pemuda bangsa yang besar bakatnya,” kata Wapres. (fin)