Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wapres: Jaga Iklim Usaha, Investasi, dan Laju Inflasi

Jakarta, 10/05/2013 MoF (Fiscal) News - Indonesia harus mampu menjaga iklim usaha, investasi, serta laju inflasi, guna memperkuat landasan ekonomi secara menengah dan jangka panjang. Demikian disampaikan Wakil Presiden Boediono saat membuka Seminar Nasional Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) di Jakarta, (8/5).

“Ini bukan upaya jangka pendek, kalau suasana iklim investasi bagus, suplai berlimpah, keamanan terkendali dan tidak terganggu, ini bisa menjadi landasan ekonomi yang memadai dalam jangka panjang,” ujarnya.

Laju inflasi merupakan salah satu indikator yang menentukan postur kebijakan ekonomi nasional, sehingga perlu dijaga agar tidak mengganggu daya beli dan tingkat kesejahteraan masyarakat. “Upaya pengendalian inflasi merupakan kepentingan bersama karena inflasi ikut menentukan postur kebijakan nasional seperti suku bunga dan nilai kurs rupiah,” tegasnya. Wapres mengatakan, menjaga laju inflasi merupakan kepentingan bersama, sehingga harus dilakukan melalui koordinasi dari tingkat pusat hingga tiap-tiap daerah sangat diperlukan.

Inflasi, lanjut Wapres, dapat menggerus kemampuan ekonomi masyarakat. “Di daerah terutama untuk menjaga kesejahteraan masyarakat di daerah. Kepentingan daerah sangat nyata dan ini kepentingan untuk menjaga inflasi ini kepentingan kita semua,” ucap Wapres. Untuk itu ia mengharapkan agar Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dapat berjalan dengan baik di daerah, sehingga perannya akan semakin berkembang di waktu mendatang. (ak)