Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wapres: Saat Ini, Kondisi Fiskal dan Moneter Kita Bagus

Jakarta, 02/01/2014 MoF (Fiscal) News - Pemerintah menyatakan ekonomi Indonesia saat ini dinilai mampu menghadapi dinamika perekonomian global. "Saat ini kondisi fiskal dan moneter kita bagus, sehingga proses penyesuaian dari ease money kepada kondisi normal ini diperkirakan dapat berlangsung dengan baik," ujar Wakil Presiden Boediono saat memberikan sambutan pada pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (2/1).


Wapres juga optimistis dengan koordinasi yang solid antara seluruh elemen bangsa, utamanya Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) dan berbagai pemangku kepentingan, Indonesia akan mampu mengantisipasi dampak tapering off yang diberlakukan AS. Saat berdiskusi dengan para pelaku pasar, Wapres juga mengingatkan, meski kondisi likuiditas global saat ini sangat dipengaruhi oleh tapering off, tetapi indikator perekonomian Indonesia menunjukkan kondisi yang baik.


Begitu pula pada tahun 2014, perekonomian Indonesia diwarnai sejumlah risiko, mengingat akan berlangsungnya pemilihan calon anggota DPR Pusat, DPRD I dan DPRD II, anggota DPD serta Pemilihan Presiden 2014-2019. Boediono mengingatkan, politik dalam negeri memiliki risiko pada perekonomian Indonesia. "Ada risiko yang perlu kita lihat dan antisipasi di 2014," imbuhnya. (ak)