Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wapres Sampaikan SPT Tahunan Lewat e-Filing

Jakarta, 12/03/2014 MoF (Fiscal) News - Wakil Presiden (Wapres) Boediono menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Pribadi untuk tahun 2013 di Istana Wapres pada Rabu (12/3). Berbeda dengan tahun sebelumnya, penyampaian SPT Wapres tahun ini dilakukan melalui sistem elektronik yang disebut sistem electronic filing (e-filing).


Menurut Wapres, penyampaian SPT dengan cara e-filling ini jauh lebih mudah dan cepat dibanding harus datang langsung ke kantor pelayanan pajak. Dengan e-filing, Wapres hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menyelesaikan proses penyampaian SPT.


Ditemui setelah penyampaian SPT Wakil presiden tersebut, Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany menyampaikan bahwa e-filing merupakan opsi untuk memudahkan masyarakat, khususnya yang sudah terbiasa dengan internet dalam mengisi SPT tahunan. Selain menghemat kertas, menurut Fuad, pelaporan SPT melalui cara tersebut juga lebih aman. “Kalau harus ke kantor pajak formulirnya bisa hilang,” katanya.


Ia menambahkan, pada tahun 2014, Direktorat Jenderal Pajak menargetkan sekitar 700.00 masyarakat mulai menggunakan sistem penyampaian SPT Tahunan secara elektronik yang sudah diterapkan sejak tahun 2013 tersebut. Menurutnya, hingga saat ini, sebanyak 856.825 orang sudah tercatat mempunyai Electronic Filing Identity Number (e-FIN) dan sebanyak 146.000 Wajib Pajak telah mengisi e-filing hingga Rabu pagi (12/3).(fin)