Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Wapres Sampaikan SPT Tahunan PPh Tahun 2015 dengan e-Filing

Jakarta, 04/03/2016 Kemenkeu - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Tahun Pajak 2015 pada Jumat (4/3) di Wisma Kalla, Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam kesempatan ini, Wapres yang didampingi Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo melakukan penyampain laporan pajak tahunan secara elektronik melalui e-filing. Setelah menyampaikan SPT-nya, Wapres pun menerima bukti pelaporan SPT secara langsung dari Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara Neil Maldrin Noor.

Dalam sambutannya, Wapres menjelaskan bahwa pajak memegang peranan penting dalam pembangunan nasional. “Pada masa lalu, tahun 1970an-1980an, fungsi pajak itu nomor dua, yang paling besar pada waktu itu pendapatan dari minyak. Tapi sekarang ini, pada saat negara makin besar kebutuhannya, dan minyak makin kecil penghasilannya, maka peran pajak itu sangat penting,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pajak diperlukan untuk mendorong roda perekonomian. Dengan pajak, pemerintah dapat melanjutkan pembangunan, termasuk infrastruktur. Selanjutnya, ketersediaan infrastruktur yang memadai akan memudahkan dunia usaha, sehingga roda perekonomian pun dapat berputar.

“Kekuatan negara sangat tergantung pada kemampuan anggarannya, dan anggaran negara sangat bergantung pada penerimaan pajak. Tapi pajak diambil dari kekuatan ekonomi, karena itulah para pengusaha dan para pribadi harus bekerja. (Di sisi lain) pemerintah harus mendukung bagaimana melancarkan usaha, investasi dan sebagainya. Itu semua keterkaitan dari ekonomi, dan sekaligus juga bagaimana negara bekerja dengan baik,” jelasnya.(nv)