Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Foto hasil olah digital yang menyebutkan Menkeu Sri Mulyani Indrawati memiliki Bitcoin.

Waspada HOAX: Menkeu Sri Mulyani Tidak Memiliki Bitcoin

Jakarta, 17/01/2018 Kemenkeu - Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Nufransa Wira Sakti menyatakan bahwa foto Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang menunjukkan keterangan bahwa Menkeu memiliki lebih dari 1.200 Bitcoin adalah tidak benar (hoax). Ia menjelaskan bahwa foto tersebut merupakan hasil dari olah digital dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kalau ada yang menerima foto Menteri Keuangan dalam berita TV CNN Indonesia yang menyatakan bahwa Menteri Sri Mulyani Indrawati mempunyai sejumlah besar Bitcoin, maka berita tersebut adalah hoax besar," jelas Kepala Biro KLI melalui akun facebook-nya pada Selasa (16/01).

Ia menegaskan bahwa Menkeu tidak mempunya Bitcoin dan telah melakukan konfirmasi dengan pihak CNN Indonesia, dan menyatakan bahwa pihak CNN Indonesia tidak pernah menyiarkan berita tersebut. "CNN tidak pernah mengeluarkan atau menyiarkan berita tersebut. Menteri Keuangan juga tidak mempunyai Bitcoin," tegasnya.

Selain itu, Kepala Biro KLI juga menjelaskan tentang beredarnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) palsu tentang Pelaksanaan Metode Penggantian Simpanan Masyarakat ke Pemerintah Dalam Bentuk Tunai.

"Kalau ada yang menerima Petunjuk Teknis Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 10/PMK.06.TEK/2017 tentang Pelaksanaan Metode Penggantian Simpanan Masyarakat ke Pemerintah Dalam Bentuk Tunai dapat dipastikan bahwa Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tersebut palsu," jelasnya.

Sebelumnya Kementerian Keuangan juga telah mempublikasikan rilis resmi terkait PMK palsu tersebut, yang dapat diunduh pada tautan: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/siaran-pers/pmk-10pmk06tek2017-hoax/.  Masyarakat diimbau agar berhati-hati dan tetap waspada dengan informasi yang beredar, dan melakukan konfirmasi kepada pihak yang terkait. (rsa/rsa)