Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Pelantikan dilaksanakan secara daring dan on site dengan tetap memperhatikan protokol ksehatan
Judul : Menkeu: Kinerja Kemenkeu Tidak Bisa Dikompromikan Walau Kerja dari Rumah
Tanggal : 05/11/2020 23:00:21
Kontak : Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, (021) 3846663, Email: mediacenter@kemenkeu.go.id

Menkeu: Kinerja Kemenkeu Tidak Bisa Dikompromikan Walau Kerja dari Rumah  

Jakarta, 5 November 2020 – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), serta Direktur pada Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Menkeu menegaskan harapannya agar para pejabat tersebut tetap menjaga kinerjanya, walaupun ada perubahan cara kerja dari rumah.

“Dalam memasuki bulan 9 masa pandemi, dalam arrangement bekerja, di mana garis pemisah urusan keluarga dan kantor menjadi sangat kecil dan tipis, karena kita bekerja di rumah, saya harap profesionalisme dan kualitas anda dalam bekerja tidak bisa dikompromikan. Teruslah memperbaiki kinerja anda karena kinerja anda adalah juga kinerja organisasi,” kata Menkeu.

Tak lupa, Menkeu juga mengingatkan bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memiliki tanggung jawab untuk menggunakan instrumen fiskal yaitu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dalam penanggulangan dampak Covid-19. "Bagaimana kita terus menggunakan instrumen APBN sebagai instrumen fiskal, dan berbagai kewenangan yang ada di dalam Kementerian Keuangan, untuk bisa menanggulangi Covid-19, serta dampaknya yang sangat luas baik di sisi sosial, ekonomi, dan keuangan," kata Menkeu.

Saat ini, perkembangan terbaru menunjukkan adanya tren perbaikan ekonomi dari sisi konsumsi dan investasi pada kuartal-III. Oleh karena itu, Menkeu menegaskan pentingnya tren ini untuk dapat terus dijaga dan diperkuat agar perekonomian Indonesia dapat meningkat ke zona positif. "Kebijakan fiskal harus tetap responsif, fleksibel dan adaptif. Meskipun demikian, tidak berarti kita melupakan tugas penting yaitu membangun pondasi ekonomi Indonesia untuk terus menuju dan berikhtiar mencapai tujuan kita semua, yaitu menjaga kemerdekaan Indonesia dan kedaulatan, dan menciptakan kesejahteraan, keadilan serta pemerataan dan meningkatkan martabat Indonesia," tegas Menkeu.

Pejabat-pejabat yang dilantik tersebut adalah Iqbal Islami, Ak., M.B.A. sebagai Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK); Candra Giri Artanto sebagai Direktur Pengembangan dan Pendayagunaan LMAN; Tetik Fajar Ruwandari S.E., M.M. sebagai Direktur Operasional dan Manajemen Risiko LMAN, serta Sutanto Basuki, S.S.T., Ak., M.Si. sebagai Direktur Keuangan dan Dukungan Organisasi LMAN.

Pada akhir arahannya, Menkeu kembali menegaskan kepercayaan bahwa para pejabat di Kemenkeu tersebut dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan. “Para pejabat harus bisa membangun sebuah kultur kerja baru yang berorientasi kepada hasil, kualitas, dampak dan berorientasi pada akuntabilitas pada publik. Hal-hal yang tidak memiliki nilai tambah, harus kita kurangi,” katanya.

***
Rahayu Puspasari
Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi
Kementerian Keuangan
  • SP-86_Menkeu Kinerja Kemenkeu Tidak Bisa Dikompromikan Walau Kerja dari Rumah Unduh