Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Judul : Siaran Pers Menkeu Lantik Dirjen Perimbangan Keuangan dan Kepala BPPK
Tanggal : 26/06/2018 19:56:37
Kontak :

Menkeu Lantik Dirjen Perimbangan Keuangan dan Kepala BPPK  

 

Jakarta, 26 Juni 2018 – Hari ini, Menteri Keuangan (Menkeu) melantik dua orang pejabat Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yaitu Astera Primanto Bhakti sebagai Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan dan Rionald Silaban sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (Kepala BPPK). Pelantikan berlangsung di Aula Djuanda Lantai Mezzaninne Gedung Djuanda I Kemenkeu dihadiri oleh Ketua Badan Anggaran DPR RI, Wakil Menteri Keuangan, Sekretaris Jenderal, serta beberapa pejabat Eselon I dan II baik di lingkungan Kemenkeu maupun kementerian lainnya.

Pelantikan ini dilakukan karena adanya mutasi pejabat di lingkungan Kemenkeu. Mekanisme ini juga merupakan salah satu bentuk apresiasi dan kepercayaan serta respon Kemenkeu terhadap dinamika dan tuntutan zaman dalam melayani kebutuhan masyarakat dalam mengawal dan mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2018.

Dalam sambutannya, Menkeu menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada Boediarso Teguh Widodo yang telah melaksanakan reformasi keuangan negara dan pengelolaan APBN dengan baik. “Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya atas nama pribadi, atas nama Kementerian Keuangan dan atas nama negara atas bhakti Pak Boediarso untuk Republik Indonesia,” ungkap Menkeu.

Menkeu berpesan kepada Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan yang baru dilantik untuk melanjutkan dan memperhatikan pelaksanaan kebijakan Desentralisasi Fiskal karena desentralisasi fiskal dan otonomi daerah merupakan dua sisi mata uang yang saling berkaitan erat dan tidak bisa dipisahkan, serta banyak harapan masyarakat bahwa dengan desentralisasi fiskal dan otonomi daerah maka rakyat akan mampu mendapatkan pelayanan dan perbaikan dari sisi pelayanan umum. Selain itu Dirjen Perimbangan Keuangan diharuskan dapat bekerjasama dan bersinergi dengan berbagai pihak seperti DPR, DPD dan Kemendagri untuk mengoptimalkan formulasi kebijakan transfer ke daerah dan dana desa.

Sementara itu untuk Kepala BPPK yang baru, Menkeu berpesan agar BPPK dapat memiliki banyak program transformasi dalam menciptakan dan mewujudkan sebuah knowledge institution dan corporate university. BPPK sebagai pembina Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) harus menjaga konten, kurikulum, dan karakter mahasiswa dan pengajarnya serta memperhatikan proses penerimaan dan penempatan lulusannya.

 

Nufransa Wira Sakti
Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi

  • Siaran Pers Menkeu Lantik Dirjen Perimbangan Keuangan dan Ka. BPPK Unduh