Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Judul : Menkeu : Simplifikasi Birokrasi Diharapkan Percepat Layanan Publik
Tanggal : 29/11/2019 16:19:23
Kontak : Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan

Menkeu : Simplifikasi Birokrasi Diharapkan Percepat Layanan Publik

Jakarta, 29 November 2019 – Menteri Keuangan (Menkeu) melantik 25 Pejabat Eselon II di lingkungan Sekretaris Jenderal, Direktorat Jenderal (Ditjen) Angggaran, Ditjen Pajak, Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Kekayaan Negara, Ditjen Perimbangan Keuangan, Inspektorat Jenderal dan Badan Kebijakan Fiskal (BKF), setelah sebelumnya Sekretaris Jenderal melantik 179 Pejabat Eselon III dan IV serta Fungsional di lingkungan BKF.

Pelantikan ini menjadi wujud nyata reformasi birokrasi di Kemenkeu. Menkeu menyatakan bahwa Presiden telah menyampaikan beberapa prioritas untuk mencapai Indonesia maju yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur dan transformasi ekonomi sehingga semakin kokoh, kompetitif dan antisipatif terhadap perubahan zaman. “Kita sebagai jajaran pegawai negara harus melakukan dua hal yaitu melakukan simplifikasi regulasi dan meningkatkan efisiensi kompetensi dan integritas dari birokrasi. Oleh karena itu kita harus merespon program utama tersebut untuk meningkatkan reformasi dan menjaga agar regulasi kita semakin simpel dan efisien” ujar Menkeu dalam sambutannya di prosesi pelantikan. 

Dari 179 pejabat yang dilantik, terdapat 112 orang yang sebelumnya menjabat sebagai Eselon III dan IV beralih menjadi pejabat fungsional Analis Kebijakan. Kebijakan ini dilakukan untuk menciptakan organisasi yang lebih ramping namun efektif secara fungsi. Dengan demikian, BKF diharapkan menjadi organisasi yang lebih tangkas dan responsif. 

Menkeu mengharapkan pengurangan pejabat Eselon III dan IV dapat memangkas rantai birokrasi dan mempermudah masyarakat mendapatkan layanan publik. Para pejabat fungsional ini diharapkan kaya inovasi dan mampu menghasilkan rekomendasi kebijakan yang berkualitas, sehingga mebawa dampak positif bagi kesejahteraan bangsa Indonesia. 

Seluruh pejabat Eselon II yang dilantik dimaksud merupakan pejabat yang berasal dari lintas unit Eselon I melalui mekanisme Manajemen Talenta  serta proses pengecekan rekam jejak, integritas dan digital footprint dari 1.681 pejabat Eselon III yang berkompetensi dan berkinerja yang baik di lingkungan Kemenkeu.

Kepada pejabat Eselon II yang baru dilantik, Menkeu menghendaki agar dapat menggali potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak dari Sumber Daya Alam, mengoptimalkan penggunaan aset negara, dan merumuskan kebijakan dengan melibatkan unit teknis agar kebijakan tersebut tersampaikan dengan baik sehingga uang negara dapat disalurkan kepada masyarakat dari Sabang sampai Merauke.

“Selamat bekerja, menjalankan tugas. Jangan lupa dengan sumpah yang kalian ucapkan hari ini”, pungkas Menkeu. 

***

Nufransa Wira Sakti
Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi
Kementerian Keuangan

  • Siaran Pers Menkeu - Simplifikasi Birokrasi Diharapkan Percepat Layanan Publik Unduh