Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Judul : Siaran Pers Pelantikan Pejabat Eselon III di Lingkungan Kemenkeu
Tanggal : 09/05/2018 21:55:06
Kontak :

Pelantikan Pejabat Eselon III di Lingkungan Kemenkeu

 

Jakarta, 9 Mei 2018 – Hari ini, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melantik 366 orang Pejabat Eselon III di lingkungan Kemenkeu. Pelantikan yang disaksikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) ini diselenggarakan di Aula Dhanapala, Kantor Pusat Kemenkeu.

Dari 366 orang pejabat yang dilantik, 5 orang adalah pejabat di lingkungan Sekretariat Jenderal (Setjen); 178 orang pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP); 129 orang pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB); 52 orang pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN); dan 2 orang pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK).

Dalam sambutannya, Menkeu menekankan bahwa jabatan eselon III merupakan posisi middle management yang memegang peranan kunci untuk memastikan organisasi dapat berjalan baik, dapat diandalkan, dan menciptakan culture value yang baik. Pejabat Eselon III diharapkan mampu memberi contoh bagi pegawai yang dipimpinnya dalam penerapan nilai-nilai Kemenkeu, yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan.

Secara khusus, untuk pejabat di lingkungan Setjen, Menkeu berpesan agar pejabat
eselon III yang dilantik dapat berpikir kreatif untuk melakukan penyederhanaan proses bisnis, melakukan efisiensi, dan mampu menciptakan lingkungan kerja yang baik agar seluruh pegawai Kemenkeu dapat melakukan tugasnya dengan penuh dedikasi.

Kepada seluruh pejabat eselon III di lingkungan DJP, Menkeu berpesan agar dapat menjadi penggerak utama reformasi di tubuh DJP, mengubah kultur birokrasi yang melayani, dan terus mengupayakan kinerja mendekati kesempurnaan, terutama setelah Amnesti Pajak, Automatic Exchange of Information, reformasi perpajakan, perbaikan business model, dan IT system database. “Saya harap dengan pelantikan ini DJP jadi stabil, berfungsi penuh, dan tahun ini dapat mencapai target penerimaan,” katanya.

Selanjutnya, Menkeu berharap agar pejabat di lingkungan DJPB mampu mendorong simplifikasi proses pencairan anggaran. “Reformasi ini hanya bisa jalan apabila pejabat
eselon III konsisten dan disiplin untuk mempermudah Pemerintah Daerah dan satker dalam menjalankan fungsinya, tanpa dibebani berlebihan secara pelaporan, namun juga tanpa mengurangi akuntabilitas,” ungkapnya.

Sementara, bagi pejabat di lingkungan DJKN, Menkeu menekankan agar dapat memiliki mindset untuk mengelola aset negara secara lebih kreatif, inovatif, dan bernilai tambah. Pejabat eselon III harus mampu menjadi motor penggerak reformasi pengelolaan dan penggunaan Barang Milik Negara (MBN) agar mampu menghasilkan nilai dan manfaat bagi perekonomian. Selain itu, ia juga berharap proses revaluasi BMN dapat selesai seluruhnya secara lengkap dan kredibel pada tahun ini.

 

Nufransa Wira Sakti
Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Kementerian Keuangan

  • Siaran Pers Pelantikan Pejabat Eselon III di Lingkungan Kemenkeu Unduh