Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN


APBN 2020

APBN 2020

AKSELERASI DAYA SAING MELALUI INOVASI DAN PENGUATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA

Tema besar APBN Tahun Anggaran 2020 adalah “Mendukung Indonesia Maju”. Kebijakan fiskal akan diarahkan untuk mendukung akselerasi daya saing melalui inovasi dan penguatan kualitas sumber daya manusia. Berbagai kebijakan di bidang pendidikan dan kesehatan akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar siap berkompetisi dan beradaptasi dengan kemajuan industri dan teknologi.

Di sisi lain, Pemerintah akan melanjutkan pembangunan infrastruktur yang semakin merata, mengalokasikan sumber daya ekonomi dengan lebih efisien dan efektif, serta mendorong birokrasi yang efektif, melayani, dan bebas korupsi.

ASUMSI DASAR EKONOMI MAKRO
#APBN2020
TARGET PEMBANGUNAN
#APBN2020
POSTUR ANGGARAN #APBN2020
(triliun rupiah)

PENDAPATAN NEGARA

Target pendapatan negara di tahun 2020 merupakan target yang optimal namun tetap realistis untuk mendukung pencapaian sasaran pembangunan namun tetap mampu adaptif menghadapi risiko perekonomian.

PENERIMAAN PERPAJAKAN

(triliun rupiah)

PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK

(triliun rupiah)

BELANJA PEMERINTAH PUSAT

(triliun rupiah)

 

Belanja Pemerintah Pusat naik Rp13,5 T dari RAPBN 2020. Terdiri dari kenaikan belanja Kementerian/Lembaga (K/L) Rp25 T dan penurunan belanja Non-K/L Rp11,5 T.

ANGGARAN PENDIDIKAN

(triliun rupiah)

Target Pendidikan

(triliun rupiah)

ANGGARAN KESEHATAN

(triliun rupiah)

ANGGARAN INFRASTRUKTUR

(triliun rupiah)

TRANSFER KE DAERAH DAN DANA DESA

(triliun rupiah)

 

Pada APBN 2020 dialokasikan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) mencapai Rp856,9 triliun. TKDD tersebut terdiri dari Transfer ke Daerah sebesar Rp784,9 triliun dan Dana Desa sebesar Rp72 triliun.

DEFISIT APBN2020

(triliun rupiah)
  1. APBN tahun 2020 diproyeksikan mengalami defisit sebesar Rp307,2 triliun atau sebesar 1,76 persen terhadap PDB (sama dengan defisit RAPBN tahun 2020).
  2. Upaya menjaga keberlanjutan fiskal juga terlihat dari defisit keseimbangan primer yang mendekati nol sebesar minus Rp12 triliun. Tren penurunan menuju positif ini memberikan bukti kuat, sekaligus sinyal positif bahwa pengelolaan APBN selama ini telah berada pada jalur positif.
  3. Rasio defisit APBN dan defisit keseimbangan primer ini merupakan yang terendah dalam enam tahun terakhir.
 

PEMBIAYAAN ANGGARAN

(triliun rupiah)

 

Untuk menutup defisit APBN tahun 2020, pembiayaan anggaran sebesar Rp307,2 triliun atau turun 1,15 persen dari outlook APBN tahun 2019. Pembiayaan anggaran berasal dari pembiayaan utang baik berupa Surat Berharga Negara (SBN) Konvensional dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), pembiayaan utang tersebut tumbuh negatif sebesar minus 5,88 persen dari outlook APBN tahun 2019. Selain itu pembiayaan anggaran juga untuk kegiatan investasi. Pembiayaan investasi tahun 2020 ditujukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, percepatan pembangunan infrastruktur, juga mendorong ekspor nasional dan meningkatkan daya saing bangsa.

APBN adalah #UangKita.
Uang rakyat Indonesia yang digunakan sebesar-besarnya demi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

     

Kawal pelaksanaan APBN dengan #APBNkita
Partisipasi aktif masyarakat berperan penting dalam pengawasan program dan kinerja pemerintah untuk penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik yang lebih baik. Menemukan penyalahgunaan Anggaran? LAPORKAN!

DATA APBN

Tanya Jawab Seputar APBN

aa

Simulasi APBN

aa

Visual Kemenkeu

aa

Buku Informasi APBN 2019

aa

Informasi APBN 2018

aa

Informasi APBN 2017

aa

Daftar UU APBN
& Nota Keuangan

aa

Kawal Pelaksanaan
#APBNkita

aaa