Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Beraksi Edisi II 2020 Berita Aktual Transformasi Edisi II Bulan Februari 2020

BERAKSI edisi II kali ini mengangkat beberapa capaian terkini program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan (RBTK), diantaranya:

  1. Review pelaksanaan efisiensi birokrasi 2020 oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) dan Unit Kepatuhan Internal (UKI)
    Review pelaksanaan efisiensi birokrasi 2020 merupakan salah satu milestone dalam inisitaif strategis nomor 1 (IS#1) program RBTK tahun 2020 yaitu The New Thinking of Working (NtoW). Beberapa outcomes yang diharapkan dari IS#1 ini adalah meningkatnya indeks persepsi kesehatan organisasi (MOFIN/SFO) serta meningkatnya produktivitas dan kinerja pegawai. Selama bulan Februari, telah dilaksanakan beberapa kegiatan yang terkait dengan milestone tersebut yaitu sosialisasi review atas pelaksanaan gerakan efisiensi di lingkungan Kementerian Keuangan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor SE-01/MK.9/2019. Selanjutnya, pelaksanaan review atas gerakan efisiensi akan dilakukan oleh UKI di seluruh unit eselon I. Ruang lingkup efisiensi yang di-review meliputi efisiensi dalam pelaksanaan tugas dan efisiensi dalam pelaksanaan anggaran. 
  1. Evaluasi atas Implementasi Integrated Document Faktur Pajak 07 dengan BC 4.0
    Evaluasi atas Implementasi Integrated Document Faktur Pajak 07 dengan BC 4.0 merupakan salah satu kegiatan dalam milestone Implementasi program scale up sinergi dengan melibatkan unit Eselon I terkait yang berada dalam inisiatif strategis nomor 8 (IS#8) Program RBTK tahun 2020 yaitu Joint Program Optimalisasi Penerimaan. Outcomes yang diharapkan dari IS#8 ini adalah meningkatnya kepatuhan wajib pajak, wajib bayar, dan pengguna jasa kepabeanan dan cukai yang pada akhirnya juga akan meningkatkan penerimaan perpajakan dan PNBP. Selama bulan Februari, telah dilakukan evaluasi atas penerapan integrated document Faktur Pajak 07 dengan dokumen BC 4.0 yang dimandatorikan diterapkan secara nasional sejak 1 Januari 2020. Evaluasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa integrated document benar-benar memberi kemudahan administrasi bagi Wajib Pajak.

Fokus BERAKSI mengangkat tema terkait meningkatnya nilai hasil evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Kemenkeu Tahun 2019. Melalui surat nomor B/218/RB.06/2019 dan B/83/AA.05/2019, KemenPAN-RB menyampaikan nilai evaluasi RB dan nilai evaluasi AKIP Kemenkeu untuk tahun 2019. Untuk tahun 2019, nilai RB Kemenkeu sebesar 87,70 (Predikat A) naik 2,02 poin dibandingkan nilai RB tahun 2018 yaitu 85,68 (Predikat A). Kenaikan nilai RB ini disebabkan oleh keberhasilan program penguatan integritas pegawai, perluasan zona integritas, program transformasi kelembagaan, dan penyederhanaan kelembagaan. Adapun untuk nilai AKIP tahun 2019, Kemenkeu memperoleh nilai 88,13 (Predikat A) naik 1,06 dibandingkan nilai AKIP tahun 2018 yaitu 87,07 (Predikat A). Peningkatan nilai AKIP ini menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerja, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi, dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil pada Kemenkeu.