Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Beraksi Edisi IV 2021 Berita Aktual Transformasi Edisi IV Bulan April 2021

Dalam rangka mendukung proses komunikasi program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan (RBTK), bersama ini terlampir kami sampaikan Berita Aktual Transformasi (BERAKSI) Edisi IV Tahun 2021. BERAKSI Edisi IV/2021 ini berisi:

 I Capaian terkini

BERAKSI edisi IV kali ini mengangkat capaian terkini program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan(RBTK) di antaranya:

  1. Is #6 Modern E-Learning
    Penambahan fungsionalitas Kemenkeu Learning Center(KLC) yaitu implementasi Google Analytics ke dalam KLC sehingga dapat dilakukan analisis statistik kunjungan ke situs KLC.
  1. IS #3 Layanan Data Kemenkeu
    Pengujian mock up, strategi pembangunan single identity login, dan timeline pengembangan LDK pada 23 April 2021
  1. IS #8 Enterprise Architecture
    Telah dilakukan workshop dan evaluasi Pokja EA UE 1 untuk memperoleh aspirasi dan pain points implementasi EA Kemenkeu yang diikuti oleh para implementator EA dan arsitek EA lintas UE I pada Maret 2021.

  2. IS #11 JOINT PROGRAM
    1. Hingga April 2021, Pokja Joint Audit telah melakukan Rapat Kesepakatan Penetapan WP auditee pemeriksaan bersama Kemenkeu-BPKP; Penyusunan Tim Joint Audit Pusat (KMK No.06/KM.01/2021 jo KMK No.10/KM.01/2021; Penyusunan Tim Joint Audit Vertikal dengan KMK No. 12/KM.01/2021, yang selanjutnya telah ditetapkan WP Auditee Joint Audit di pusat & vertikal
    2. Penentuan Daftar Sasaran Kegiatan Penagihan Bersama (DSKPB).
    3. Identifikasi permasalahan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh LNSW, DJBC, DJP dan Setdenas KEK, serta penyampaian desain probis integrasi dokumen di KEK.

  3. IS #13 Pengembangan NLE
    1. Piloting Sistem Single Submission Pengangkutan pada 12 April 2021.
    2. Hingga April 2021, telah dilakukan Piloting Sistem Single Submission Perizinan untuk perizinan yang diterbitkan oleh Kemendag, Kemenperin, BPOM, dan Kemenkes, serta uji coba pembayaran secara online melalui Bank BUMN untuk layanan D/O dan layanan penyerahan peti kemas.
  4. IS #21 SDGs BOND
    Telah dilaksanakan kick-off penerbitan SUN Valas SEC 9 (SDGs Bond) dengan JLM, LC, dan Tim Teknis K/L pada 7 April 2021
  1. Data Analytics Project
    Data Analytics Bootcamp I bagi Business Learder, Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer pengelola project IS Data Analytics telah dilaksanan pada 15 Maret s.d. 9 April 2021 yang diikuti oleh 84 peserta yang akanterjun langsung melaksanakan berbagai data anaytics project di UE I.

II. Pesan Menteri Keuangan

Menteri Keuangan pada kegiatan Diseminasi dan Kick-off Duta Transformasi Kementerian Keuangan Tahun 2021 tanggal 31 Maret 2021 berpesan, "“Integritas adalah memilih secara bijaksana mana yang salah dan mana yang benar serta kemampuan untuk selalu mengutamakan yang benar.”

 

III. Fokus BERAKSI

Fokus BERAKSI edisi kali ini tentang disahkan Kepsekjen Kemenkeu nomor KEP-59/SJ/2021 tentang Tata Kelola Implementasi Inisiatif Strategis Program Reformasi Birokrasi Dan Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan , yang terdiri atas:

  1. mekanisme perubahan manual implementasi (change request);
  2. mekanisme monitoring, evaluasi, dan pelaporan Implementasi;
  3. mekanisme penyelesaian inisiatif (initiative closing);
  4. penetapan kriteria penyelesaian inisiatif;
  5. penetapan perubahan manual implementasi (change request); dan
  6. penetapan inisiatif yang dinyatakan selesai (acceptance criteria);
  7. pedoman penyusunan Implementasi Inisiatif Strategis Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan.

Implementasi Inisiatif Strategis Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan sebagaimana dimaksud di atas mencakup charter inisiatif, rencana kerja, dan kriteria penyelesaian (acceptance criteria) yang terdiri atas:

  1. 26 (dua puluh enam) manual implementasi Inisiatif Strategis Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan yang mulai diimplementasikan pada tahun 2019, 2020, dan 2021;
  2. 20 (dua puluh) manual implementasi Inisiatif Strategis Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan yang mulai diimplementasikan pada tahun 2017; dan
  3. 94 (sembilan puluh empat) manual implementasi Inisiatif Strategis Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan yang terdiri atas 87 (delapan puluh tujuh) Inisiatif Strategis Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 36/PMK.01/2014 tentang Cetak Biru Program Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan Tahun 2014 – 2025 dan 7 (tujuh) IS RBTK tambahan.

 

Implementasi Inisiatif Strategis Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan tersebut menjadi pedoman bagi masing-masing unit Eselon I dan unit non Eselon yang bertanggung jawab secara langsung kepada Menteri Keuangan, dalam melaksanakan implementasi Inisiatif Strategis Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan pada unit masing-masing.