Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN


Program Duta Transformasi Kelembagaan Tahun 2017

Duta Transformasi 2017 ditetapkan oleh Menteri Keuangan melalui KMK nomor 183/KMK.01/2017 tentang Duta Transformasi dan Koordinator Duta Transformasi Kementerian Keuangan 2017.  Duta Transformasi Tahun 2017 berjumlah 115 orang yang terdiri dari 16 Duta Transformasi Tahun 2016 yang memiliki kinerja Terbaik dan 99 Duta Transformasi baru yang diseleksi secara terbuka oleh CTO.  Proses seleksi yang dilakukan oleh CTO dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Gambar 1. Proses Seleksi Duta Transformasi Tahun 2017

Duta Transformasi tersebar pada seluruh unit eselon I Kementerian Keuangan dan mencakup sebagian besar wilayah kerja Kementerian Keuangan di seluruh Indonesia.

Gambar 2. Sebaran Duta Transformasi berdasarkan Unit Eselon I

 

Duta Transformasi memiliki peran penting dalam pengelolaan perubahan agar program RBTK mendapatkan dukungan/ engagement dari para pegawai dan stakeholders.  Beberapa tugas Duta Transformasi meliputi:

  • Melakukan sosialisasi, membantu terlaksananya proses perubahan dalam kaitannya dengan implementasi Program RBTK Kementerian Keuangan di lingkungan unit kerja masing–masing.
  • Melakukan pengumpulan umpan balik baik dari pemangku kepentingan internal maupun eksternal Kementerian Keuangan.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan RBTK Kementerian Keuangan baik yang diselenggarakan oleh CTO maupun PMO.
  • Menjadi penghubung antara CTO dan PMO dengan pegawai Kementerian Keuangan dalam menyampaikan pesan perubahan dan pelaksanaan Program RBTK Kementerian Keuangan.
  • Menjadi panutan (role model) bagi pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan dengan menerapkan inisiatif dan menunjukkan pola pikir yang semakin berfokus pada layanan pelanggan.
  • Menjadi panutan (role model) bagi pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan dengan menerapkan nilai-nilai Kementerian Keuangan sebagai perwujudan budaya Kementerian Keuangan.

Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh para Duta Transformasi di Tahun 2017 adalah sebagai berikut:

Workshop Duta Transformasi

Pada Tahun 2017, dilakukan dua kali kegiatan workshop Duta Transformasi yaitu pada bulan Februari dan September 2017. Pada workshop di bulan Februari dilakukan Synergy Planning yaitu penyusunan rencana kegiatan Duta Transformasi per Unit Eselon I secara bersama-sama. Kemudian dilaksanakan pula Culture Role Play, dimana masing-masing kelompok yang telah dibentuk sebelumnya melakukan adegan terkait nilai-nilai Kementerian Keuangan. Terkait dengan capacity building, dilaksanakan peningkatan komunikasi (public speaking & social media communication) oleh Erwin Parengkuan dari TalkInc serta sharing session oleh Billy Boen.

Gambar 3. Workshop Duta Transformasi I, Dhanapala – Februari 2017

Pada workshop bulan September, dilaksanakan peningkatan kapasitas mengenai menulis Feature dan pembuatan Infografis oleh Tempo Institute.  Selain itu diberikan public speaking upskilling oleh Charles Bonar Sirait. Sebelum workshop, peserta sudah memilih kelas sesuai dengan minatnya masing-masing. Dalam rangka mendukung Instruksi Menteri Keuangan mengenai Gerakan Efisiensi, para Duta juga mendapatkan ilmu terkait perencanaan keuangan pribadi oleh Prita Ghozie dari ZapFinance.

Gambar 4. Workshop Duta Transformasi II, Dhanapala – September 2017

Sosialisasi Program RBTK dan Budaya Organisasi

Pada workshop di bulan Februari, para Duta Transformasi telah menyusun rencana kerja Duta secara individu maupun kelompok. Oleh karena itu selama bulan Maret hingga Juni, para Duta melakukan sosialisasi program Duta sesuai dengan rencana kerja yang telah dibuat.

 

Talkshow interaktif di Radio Pro 2 RRI Malang

Duta transformasi Kelembagaan 2017 bersama  Kanwil DJP Jawa Timur III mendapat kesempatan talkshow interaktif di Radio Pro 2 RRI Malang yang bertempat di jalan candi panggung Malang. Salah satu tujuan dari talkshow interkatif ini adalah untuk mengenalkan Transformasi kelembagaan kepada masyarakat luas, selain itu juga untuk menghimbau agar masyarakat bisa taat pajak dengan melaporkan SPT nya.

Beni Setyawan, Duta Transformasi Kelembagaan 2017, diawal siaran menyampaikan bahwa Transformasi Kelembagaan adalah perubahan yang dilakukan Kementerian Keuangan kearah yang lebih baik. Selain perubahan struktur organisasi , perubahan pelayanaan yang lebih baik adalah salah satu tujuan dari transformasi kelembagaan. Perubahan pelayanan bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi Wajib Pajak. Salah satu kemudahan yang dilakukan DJP adalah layanan e-filing, pelaporan SPT Tahunan berbasis online.

Nur Falaq Rachmaningtyas, Kepala Seksi Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jawa Timur III menambahkan bahwa DJP sekarang sudah banyak perubahan. Inovasi dilakukan secara terus menerus untuk memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak, efiling adalah sarana pelaporan SPT berbasis online, WP tidak perlu lagi datang dan mengatri untuk melaporkan SPT nya, lebih mudah ,cepat dan efisien. Selain efiling, Tyas juga menghimbau masyarakat untuk mengikuti program Amnesti Pajak. Perlu diketahui bahwa Amnesti Pajak adalah program pengampunan pajak yang akan berakhir 31 Maret ini.

Bincang Transformasi Sekretariat Jenderal

Duta Transformasi Sekretariat Jenderal 2017 berkesempatan untuk dapat bersinergi dengan Bagian Manajemen Sistem Informasi dan Edukasi Publik, Biro Komunikasi dan Layanan Informasi dalam acara Bincang Pagi Kemenkeu pada Rabu (08/03) di Lobby Djuanda II Kementerian Keuangan untuk mensosialisasikan program Transformasi Kelembagaan Kemenkeu. Peserta acara berjumlah kurang lebih 25 orang yang berasal dari lintas Unit Eselon I di lingkungan Kemenkeu, yang mana didominasi oleh Gen-Y.

Materi yang disampaikan difokuskan pada overview program Transformasi Kelembagaan dan Inisiatif Strategis pada Tema Sentral, antara lain Penguatan Budaya Kemenkeu, Penguatan Kompetensi SDM melalui Corporate University, Kemenkeu Leaders Factory, dan Integrasi Kebijakan Fiskal. Materi disampaikan secara bergantian oleh Duta Transformasi (Citra Handayani, Krishna Pandu, Rina Maharani, Tri Susilo, Niczen Henry, Hafizullah Lubis, dan Nur Muhlisin).

Pada akhir sesi, peserta diuji pemahamannya tentang program Transformasi Kelembagaan melalui games kahoot.it yang seru dan berhasil menarik animo peserta. Hasil yang unik didapatkan dari jawaban atas pertanyaan terakhir games kahoot.it tersebut, sebagian besar peserta menjawab setuju untuk ikut serta dalam membantu menyebarluaskan informasi program Transformasi Kelembagaan, dan terdapat dua orang yang menyatakan resistensinya terhadap perubahan yang terjadi di Kemenkeu.

Kedepannya, pegawai diharapkan dapat menyebarkan informasi sedikit demi sedikit kepada rekan kerjanya di unit masing-masing. Jangan pernah berhenti memberikan masukan dan mendukung Kementerian Keuangan menuju perubahan yang lebih baik.

Penyampaian Progress Report Duta Transformasi

Pada bulan Juli 2017, para Duta Transformasi diminta untuk menyampaikan progress report yang merupakan laporan kegiatan Duta selama Semester I tahun 2017. Progress report tersebut menjadi salah satu komponen pemilihan Duta Transformasi Terbaik 2017.

Penetapan Duta Transformasi Terbaik dan WorkshopEthics and Corporate Culture

Pemilihan Duta Transformasi didasarkan pada beberapa kriteria diantaranya kesesuaian kegiatan dengan rencana kerja, media komunikasi yang digunakan, kreativitas, kualitas feedback yang diperoleh, dan sinergi. Berdasarkan kriteria tersebut terpillih 9 Duta Terbaik dan 3 Duta sebagai penghargaan terhadap kontribusi mereka dalam sosialisasi program RBTK yaitu Hisyam Haikal sebagai inisiator jingle RBTK, Delfiana sebagai partner dalam pengelolaan media sosial dan Fitri Mayang Sari sebagai Duta yang paling aktif di media sosial. Seluruh Duta Transformasi Terbaik yang mendapatkan penghargaan langsung dari Menteri Keuangan.

Duta Transformasi Terbaik tersebut kemudian mengikuti training “Ethics and Corporate Culture” yang dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia selama lima hari.

 Gambar 5. Training “Ethics and Corporate Culture”, Kuala Lumpur November 2017