Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN


Program Duta Transformasi tahun 2018

Duta Transformasi Tahun 2018 berjumlah 1.177 orang yang terdiri dari 205 Change Agent (Pejabat Eselon III) dan 972 Anggota Lighthouse Team (Pejabat Eselon IV dan Pelaksana yang membantu change agent dalam menyebarluasakan program RBTK). Duta Transformasi 2018 ditunjuk oleh Pimpinan di Unit Eselon I masing – masing dan ditetapkan oleh Menteri Keuangan melalui KMK nomor 463/KMK.01/2018 tentang Duta Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan.

Sebaran Duta Transformasi berdasarkan Unit Eselon I adalah sebagai berikut:

Tugas Duta Transformasi diantaranya:

  • melakukan sosialisasi, membantu terlaksananya proses perubahan dalam kaitannya dengan implementasi Program RBTK Kementerian Keuangan di lingkungan unit kerja masing-masing;
  • mengumpulkan umpan balik, baik dari pemangku kepentingan internal maupun eksternal Kementerian Keuangan terkait implementasi Program RBTK Kementerian Keuangan;
  • berpartisipasi dalam kegiatan RBTK Kementerian Keuangan, baik yang diselenggarakan oleh Tim RBTK Pusat (Central Transformation Office/CTO) maupun Tim RBTK Unit (Project Management Office/PMO);
  • menjadi penghubung antara CTO dan PMO dengan pegawai Kementerian Keuangan dalam menyampaikan pesan perubahan dan pelaksanaan Program RBTK Kementerian Keuangan;
  • menjadi panutan (role model) bagi pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan dengan menerapkan inisiatif dan menunjukkan pola pikir yang semakin berfokus pada layanan pelanggan sebagai bentuk dukungan terhadap Program RBTK Kementerian Keuangan; dan
  • Menjadi panutan (role model) bagi pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan dengan menerapkan nilai-nilai Kementerian Keuangan sebagai perwujudan budaya Kementerian Keuangan.

Kegiatan yang dilakukan/diikuti oleh Duta Transformasi pada Tahun 2018 yaitu:

Workshop Duta Transformasi

Pada Tahun 2018, dilakukan dua kali kegiatan workshop Duta Transformasi yaitu pertama pada tanggal 8-9 Mei 2018 dan workshop kedua pada tanggal 3-4 November 2018. Pada workshop pertama dilakukan penguatan integritas melalui seminar terkait Integritas dalam Memberantas Korupsi oleh Bp. Sujanarko (Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat) dan board games “It’s My Business”. Dalam games tersebut, peserta berperan menjadi para pengusaha yang berusaha memenangkan proyek dari pemerintah. Pemain yang nantinya memiliki penghasilan paling banyak akan menjadi pemenangnya. Dari permainan tersebut, peserta dapat mengetahui besarnya kerugian negara akibat dari tindakan korupsi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan awareness terhadap tindakan antikorupsi. Dalam workshop pertama, dilaksanakan juga sharing mengenai kode etik Kemenkeu oleh Biro SDM. Selanjutnya, untuk memperkuat nilai – nilai Kementerian Keuangan lain dilaksanakan kegiatan Synergy and Continuous Improvement Session, dan Professionalism and Service Excellence Session. Terkait dengan transformasi, Vice President of Corporate Transformation Group PT Angkasa Pura II melakukan sharing mengenai transformasi yang dilaksanakan di PTAngkasa Pura II untuk memotivasi sekaligus memberikan perspektif baru kepada para peserta mengenai proses transformasi di instansi lain.

 

Workshop kedua dilaksanakan bersamaan dengan Festival Budaya Kementerian Keuangan. Peningkatan kapasitas kapada para Duta Transformasi pada workshop tersebut dilakukan dengan menghadirkan berbagai narasumber yang berpengalaman di bidang integritas, digital transformasi dan the new thinking of working. Dengan adanya sharing dari para expert tersebut, para Duta diharapkan dapat lebih siap dalam menjadi garda terdepan dalam program RBTK.

 Menteri Keuangan menghadiri Workshop Duta Transformasi pada tanggal 8-9 Mei 2018

Sosialisasi Program RBTK dan Budaya Organisasi Kementerian Keuangan

Pada workshop pertama tahun 2018 yang dilaksanakan pada bulan Mei, para Duta Transformasi telah mendapatkan guidelines yang digunakan sebagai acuan dalam internalisasi program RBTK. Oleh karena itu selama bulan Mei hingga September 2018, para Duta melakukan sosialisasi program Duta sesuai dengan panduan tersebut. Internalisasi baik yang dilaksanakan melalui tatap muka maupun non tatap muka diunggah di media sosial, agar implementasi program RBTK dapat diketahui oleh seluruh pegawai Kemenkeu.

Dalam melaksanakan tugas, Duta Transformasi diberikan panduan setiap bulannya untuk melakukan sosialisasi sebagai berikut:

Guidelines (Panduan) Duta Transformasi 2018

Penetapan Duta Transformasi Teraktif 2018

Untuk memberikan apresiasi terhadap duta yang telah melaksanakan tugas dengan baik, Centrak Transformation Office melakukan pemilihan duta teraktif dengan kriteria:

  • Frequency - seberapa banyak melakukan kampanye/internalisasi ( 1 kali = 100);
  • Originality and Relevant Content - konten diciptakan sendiri (bukan repost orang lain) dan relevan dengan values dan transformasi digital (1 kali = 100);
  • Creativity - ada tidaknya content yang memerlukan kreativitas misal video, komik dll;
  • Impact - jumlah banyak pihak lain yg terpengaruh (melakukan posting ulang content).

Berdasarkan kriteria tersebut terpillih 3 Duta Teraktif yaitu Duta Transformasi dari Kanwil DJP Jateng I, Biro KLI, dan Kanwil DJPB Gorontalo. Seluruh Change Agent sebagai wakil unit organisasi tersebut mendapatkan penghargaan langsung dari Menteri Keuangan.

 

Menteri Keuangan didampingi Sekretaris Jenderal dan Staf Ahli Menkeu Bidang OBTI memberikan penghargaan kepada Duta Transformasi teraktif.